Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Labels post

Alexa Widgets

Etika dalam melakukan sebuah Penelitian


 Etika Penelitian 
         Etika mencakup norma untuk berperilaku, memisahkan apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Rangkuman Etika Penelitian meliputi butir-butir berikut:

  •  Kejujuran  

           Jujur dalam pengumpulan bahan pustaka, pengumpulan data, pelaksanaan metode dan prosedur penelitian, publikasi hasil.  Jujur pada kekurangan atau kegagalan metode yang dilakukan.  Hargai rekan peneliti, jangan mengklaim pekerjaan yang bukan pekerjaan Anda sebagai pekerjaan Anda.

  •  Obyektivitas  

           Upayakan minimalisasi kesalahan/bias dalam rancangan percobaan, analisis dan interpretasi data, penilaian ahli/rekan peneliti, keputusan pribadi, pengaruh pemberi
dana/sponsor penelitian.

  •  Integritas 

          Tepati selalu janji dan perjanjian; lakukan penelitian dengan tulis, upayakan selalu menjaga konsistensi pikiran dan perbuatan

  •  Ketelitian 

           Berlaku teliti dan hindari kesalahan karena ketidakpedulian;  secara teratur catat pekerjaan yang Anda dan rekan anda kerjakan, misalnya kapan dan di mana pengumpulan data dilakukan.  Catat juga  alamat korespondensi responden, jurnal atau agen publikasi lainnya.


  •  Keterbukaan 

           Secara terbuka, saling berbagi data, hasil, ide, alat dan sumber daya penelitian.  Terbuka terhadap kritik dan ide-ide baru.

  •   Penghargaan terhadap Hak Atas  Kekayaan Intelektual (HAKI) 

            Perhatikan paten, copyrights, dan bentuk hak-hal intelektual lainnya.  Jangan gunakan data, metode, atau hasil yang belum dipublikasi tanpa ijin penelitinya.  Tuliskan nara sumber semua yang memberikan kontribusi pada riset Anda.  Jangan pernah melakukan plagiasi..  

  •  Penghargaan terhadap Kerahasiaan (Responden)  

           Bila penelitian menyangkut data pribadi, kesehatan, catatan kriminal atau data lain yang oleh responden dianggap sebagai rahasia,  maka  peneliti harus menjaga kerahasiaan data tersebut.  

  •  Publikasi yang terpercaya 

           Hindari mempublikasikan penelitian yang  sama berulang-ulang ke pelbagai media (jurnal, seminar).  

  •  Pembinaan yang konstruktif 

           Bantu membimbing, memberi arahan dan masukan bagi mahasiswa/peneliti pemula.Perkenankan mereka mengembangkan ide mereka menjadi penelitian yang berkualits.  

  •  Penghargaan terhadap Kolega/Rekan Kerja 

           Hargai dan perlakukan rekan penelitian Anda dengan semestinya.  Bila penelitian dilakukan oleh suatu tim akan dipublikasikan, maka peneliti dengan kontribusi terbesar ditetapkan sebagai penulis pertama (first author), sedangkan yang lain menjadi penulis kedua (co-author(s)).  Urutan menunjukkan besarnya ontribusi anggota tim dalam penelitian.

  •  Tanggung Jawab Sosial  

           Upayakan penelitian Anda berguna demi kemaslahan masyarakat, meningkatkan taraf hidup, mudahkan kehidupan dan meringankan beban hidup masyarakat.  Anda juga bertanggung jawab melakukan pendampingan nagi masyarakat yang ingin mengaplikasikan hasil penelitian Anda


  •  Tidak melakukan Diskriminasi  

           Hindari melakukan pembedaan perlakuan pada rekan kerja atau mahasiswa karena alasan jenis elamin, ras, suku, dan faktor-faktor lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kompetensi dan integritas ilmiah.  

  •  Kompetensi 

          Tingkatkan kemampuan dan keahlian meneliti melalui pendidikan dan pembelajaran seumur hidup; secara bertahap tingkatkan kompetensi Anda sampai taraf Pakar.

  •  Legalitas 

           Pahami dan patuhi peraturan institusional dan kebijakan pemeintah yang terkait dengan penelitian Anda.  

  •  Rancang pengujian dengan hewan percobaan dengan baik 

           Bila penelitian memerlukan hewan percobaan, maka percobaan harus dirancang sebaik mungkin, tidak dengan gegabah melakukan sembarang perlakuan pada hewan percobaan.

  •  Mengutamakan  keselamatan Manusia  

           Bila harus mengunakan manusia untuk menguji penelitian, maka penelitian harus dirancang dengan teliti, efek negatif harus diminimalkan, manfaat dimaksimalkan; hormati harkat kemanusiaan, privasi dan hak  obyek penelitian Anda tersebut; siapkan pencegahan dan pengobatan bila sampel Anda menderita efek egatif penelitian.




Referensi: Shamoo A and Resnik D. 2003. Responsible Conduct of Research, New York: Oxford
University Press.



0 komentar

Posting Komentar