Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Alexa Widgets

DECODER Materi Kuliah System Digital


LANDASAN TEORI
DECODER Materi Kuliah System Digital
  • Pengertan

            Decoder adalah rangkaian digital yang dapat mengubah bilangan biner menjadi bilangan desimal, dimana rangkaian ini akan menghasilkan output high (1) pada jalur yang sesuai dengan yang ditunjuk oleh selector. Artinya input decoder merupakan bilangan biner, dan outputnya pun berbentuk biner. Namun akan menunjukkan bilangan decimal, yaitu menentukan ouput manakah yang aktif (Y0, Y1, Y2, atau Y3).



  • Aplikasi Utama Decoder

            aplikasi utama decoder adalah pengalamatan, dimana n bit masukan In diinterpretasikan sebagai sebuah alamat yang digunakan untuk memilih satu jalur dari jalur keluaran. Aplikasi lain adalah member rute data dari sebuah sumber ke beberapa tujuan. Decoder disebut juga demultiplexer. Aplikasi isi dapat mengendalikan input dari decoder yang dipandang sebagai  1 bit data sumber. (Maman Abdurrahman 2008)       
            Sebuah decoder 1-out-of-2n atau 1/2n adalah rangkaian kombinasional dengan n jalur data masukan dan 2n jalur data keluaran. Sinyal keluaran yang aktif tergantung dari nilai masukan: in 0, in 1, in 2. Berikut daftar kombinasi sinyal masukan dan efek sinyal keluaran yang aktif. (Maman Abdurrahman 2008)


  • Rangkaian Decoder

              Kombinasi sinyal masukan akan menentukan sinyal keluaran yang aktif. Chip decoder dikendalikan oleh chip enable (EN). Pad saat nilai EN rendah maka decoder tidak berfungsi, apapun kombinasi masukannya.



Semoga Bermanfaat... " Amin"

0 komentar

Poskan Komentar