Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Labels post

Alexa Widgets

Tutorial Membuat DSN SQL Server

Membuat DSN untuk SQL Server
1. klik Start  => Setting => Control Panel => Addministrative Tools Double klik Data     Sources (ODBC).
             




2. Kemudian ditampilkan kotak dialog ODBC Data Source Administrator. Klik tab System DSN  sehingga tampilan dari ODBC Data Source Administrator seperti berikut ini. Klik tombol Add… untuk memilih database drivernya. 

3. Selanjutnya akan ditampilkan, seluruh driver dari database yang sudah ter-install dalam sistem operasi windows yang sedang kita pakai. 

4. Selanjutnya untuk Driver SQL Server pada kotak dialog Create New Data Source pilih SQL Server, kemudian klik tombol Finish. 





5. Selanjutnya pada kotak dialog Create a New Data Source to SQLServer, pada pertanyaan “what name do you want to use to refer tothe data source ?”, tuliskan nama untuk database yang akan digunakan pada kotak isian Name. selanjutnya pada pertanyaan “How do you want to describe the data source ?”, tuliskan keterangan atau deskripsi pada kotak isian Description. Untuk deskripsi ini sifatnya hanya pilihan boleh diisi atau tidak. Terakhirpada pertanyaan “Which SQL Server do you want to connect to ?”, tuliskan nama servernya pada kotak isian Server.                  
                   
                                         



6. Selanjutnya klik tombol Next > dan pada kotak dialog Create a New Data Source to SQL Server, klik option With SQL Server  authentication…, masukkan juga nama untuk login ke SQL Server pada kotak isian Login ID dan passwordnya pada kotak isian  password


Perhatikan Pada tahap ini bisa jadi konfigurasinya akan berbeda, sesuaikan setting yang telah ditentukan oleh administrator jaringan anda, untuk nama server, username dan passwordnya. Jika installasi SQL Server disetting sesuai dengan setting otentikasi system windows untuk login ke SQL Server, maka pilihan option “With Windows NT authentication using the network Login ID” yang anda pilih.


7. Klik tombol Next dan masih pada kotak Create a New DataSource to SQL Server, klik kotak check Change the DefaultDatabse to: untuk menentukan database yang akan digunakan.




8. klik tombol Next > sekali lagi sampai tampil kotak dialog untuk menentukan jenis bahasa yang dipakai pada SQL Server.Defaultnya adalah English.



9. Selanjutnya klik tombol Finish. Sehingga hasil akhirnya akan ditampilkan pada kotak dialog sebagai berikut :


10. Anda bisa menguji keberhasilan koneksi ODBC dengan Microsoft SQL Server dengan melakukan klik pada tombol Test Data Source. Jika koneksi yang telah dibuat berhasil, suatu pesan akan ditampilkan, yaitu “TEST COMPLETED SUCCESSFULLY!”.


11. Sampai disini telah terbentuk sebuah DSN baru dengan nama koneksiSQL, dan siap anda gunakan untuk membangun aplikasi.


0 komentar

Posting Komentar